Hazard Analysis Critical Control Point Angkatan Ke-14

Informasi Kursus Daring

Tipe Kursus
Kursus Daring

Nama Kursus
Hazard Analysis Critical Control Point Angkatan Ke-14
Jadwal : 18 Jul 2022 s/d 01 Aug 2022
Status Pendaftaran :

Penyelenggara
LKP Sangkuriang
Deskripsi Kursus
Dalam menghadapi “The New Normal” pada saat ini baik konsumen, pengusaha, professional karyawan dari berbagai macam jenis usaha global semakin peduli terhadap kesehatan termasuk keamananan makanan yang mereka konsumsi. Karena itulah industri pangan termasuk pangan siap saji memerlukan suatu sistem untuk menjamin keamanan produk mereka demi melindungi kesehatan mereka serta menjaga reputasi bisnis di pasaran. Pengetahuan dan ketrampilan tentang cara pencegahan dan pengendalian bahaya sangat penting dimiliki oleh semua pemangku kepentingan yang bergelut dengan produksi makanan. Penerapan sistem Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP) atau Analisa Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis sesuai dorongan WHO dipercaya secara logika dan sistematis, efektif mengendalikan bahaya pangan. Karena itulah pengetahuan keamanan pangan dan ketrampilan mengembangkan rancangan praktis HACCP sangat penting bagi professional di berbagai pemangku kepentingan yang terkait dengan pangan dan gizi.

TUJUAN
Tujuan dari pelatihan ini adalah memberi pengetahuan dan ketrampilan terkait keamanan pangan dan sistem praktis HACCP di industri pangan. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu :
  1. Peserta mampu mengindentifikasi proses produksi pangan terhadap kontaminasi bahaya-bahaya mikrobiologis, kimia, fisik dan alergi.
  2. Peserta mampu mengidenditifikasi bakteri yang dapat menyebabkan sakit akibat pangan (foodborne illness)
  3. Peserta mengetahui suhu dimana mikro organisme dapat berkembang biak.
  4. Peserta mampuh memilah-milah sampah dari restoran dan dapur.
  5. Peserta mampu membuat dokumen langkah-langkah pekerjaan (Standard Operating Procedure) untuk penerapan HACCP di lingkungan kerjanya.
PESERTA
Pelatihan ini dapat diikuti Berbagai pemangku jabatan baik dibidang pendidikan, perhotelan, restoran, transportasi publik,  di dalam atau di luar negeri, di darat, laut maupun di udara yang berprofesi sebagai pengelola pendidikan, pendidik, pramusaji, pramugari, barista, koki, pengawas restoran, manajer dan asisten manajer restoran, Chef de Partie, Sous Chef, Executive Chef atau pemilik usaha kuliner.

TOPIK
Materi pembelajaran dikembangkan dengan merujuk pada dokumen yang sahih seperti WHO dan kementrian terkait lainnya. Topik materi pembelajaran adalah tentang :
  • Bahaya biologi dan kimia pada pangan
  • Teknologi pangan dalam mengendalikan bahaya biologi
  • Cara Produksi Pangan yang Higienis (Good Hygienic Practices)
  • Persyaratan dasar dalam penerapan HACCP dan Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP)
SERTIFIKAT DAN SKOR
Peserta akan mendapat sertifikat kelulusan sebagai bukti penguasaan kompetensi pelatihan ini dengan syarat memiliki skor minimum 80 % dari total skor evaluasi yang telah ditetapkan. 

INFORMASI LEBIH LANJUT :
MN Ardi
smhionline07@gmail.com

SANGKURIANG MARITIM HOTEL INSTITUTE
Jl Jenderal Sudirman No. 35, Pabaton, Bogor Tengah
Kota Bogor – Jawa Barat
Phone + 62 888 999 6999
Persyatan Kursus




>> Daftar disini! <<

0 Comments

Berikan Komentar Anda